Copyright 2018 - http://lpse.parigimoutongkab.go.id/
  • .

  • .

  • .

  • .

  • .

ddKementerian Kesehatan Berencana untuk segera memasukkan vaksin dengue ke dalam program imunisasi nasional. Kapan pastinya belum diketahui namun Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengatakan bila sudah rampung kelak maka vaksin akan ditargetkan untuk anak-anak usia sekolah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menkes Nila ketika membuka acara Asean Dengue Day di SDN 07 Cijantung, Jakarta Timur. Menurut Menkes Nila kedepannya selain memberantas sarang nyamuk seperti yang selama ini telah dilakukan, vaksinasi bisa digunakan sebagai langkah pencegahan tambahan.

"Mungkin nanti akan kita coba dengan vaksin. Tapi imunisasi dengue tidak mudah karena tipe virus ini ada empat macam dan berbagai tipe tidak sama antara satu negara dengan negara lain. Jadi di Indonesia juga jelas berbeda, mana yang lebih banyak tipenya? Mana yang menyebabkan (korban -red)? Ini membuat kita kesulitan imunisasi," kata Menkes Nila di SDN 07 Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (2/8/2017).

Baca juga: Kenali, Gejala Khas DBD Selain Demam dan Sakit Kepala

"Tapi kita sudah mulai coba. Untuk tipe satu dua sudah bisa tapi tiga empatnya ini yang belum. Di luar negeri memang sudah ada yang bisa tapi belum tentu sesuai dengan tipe kita di sini," lanjutnya.

Anak sekolah menjadi sasaran imunisasi karena menurut data banyak kasus dan korban meninggal terjadi pada anak-anak. Alasannya karena memang nyamuk penyebar dengue, Aedes aegypti, aktif di jam anak-anak sekolah dan istirahat.

Belum lagi menurut Menkes Nila sekolah juga sering menjadi sumber sarang para nyamuk.

"Tempat ini kan mereka tinggalkan dari Jumat, Sabtu, Minggu nah pas anak-anak masuk air yang tergenang sudah ada nyamuknya," kata Menkes Nila.

Sumber : Fanpage Kemenkes RI

Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab.Parigi Moutong

Banner TTG 2017